TKP Bagian 3


101. Saya mempunyai seorang saudara yang ingin sekali sekolah ditempat saya mengajar , yang saya lakukan...
  • Memberinya alamat rumah kepala sekolah saya
  • Memberitahukan pihak penyeleksi bahwa saudara saya akan mendaftar
  • Memberikan trik dan celah untuk bisa lulus
  • Menyemangatinya namun tak membantu apapun
  • Tidak mempedulikannya
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : b
Poin 2 : a
Poin 1 : e

102. Ketika ada salah seorang keluarga Anda meninggal dunia, maka Anda akan...
  • Izin kepada atasan untuk tidak masuk kerja
  • Tetap masuk kerja setelah izin terlambat karena ingin bertakziyah dulu
  • Masuk kerja saja karena Anda akan bertakziyah ketika pulang kerja saja
  • Menitipkan pesan bela sungkawa kepada saudara yang lainnya saja
  • Tetap bekerja saja karena Anda tidak terlalu akrab dengan saudara tersebut
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : d
Poin 1 : e

103. Hal pertama yang akan saya lakukan saat saya mendapat pekerjaan yang belum pernah saya kerjakan adalah...
  • Menyapa rekan kerja baru dan bertanya tentang sistem kerja di tempat tersebut
  • Mengamati sistem kerja pegawai di tempat kerja tersebut
  • Menunggu perintah kerja dari atasan
  • Mencari tahu apa yang harus saya kerjakan
  • Mempelajari sistem kerja di tempat tersebut dari peraturan dan data
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : a
Poin 1 : c

104. Ketika Anda sedang berpuasa, maka Anda akan...
  • Tidak bisa berkonsentrasi
  • Ingin segera berbuka puasa
  • Istirahat dari pekerjaan Anda
  • Melakukan shalat
  • Lebih cepat dalam bekerja dan berpikir
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : a
Poin 1 : b

105. Orang yang gagal dalam usahanya menurut saya dikarenakan ...
  • Bertahan pada cara yang telah berjalan
  • Menunggu bantuan pihak lain
  • Pikiran bercabang pada usaha lain
  • Menunda ketika melihat resikonya
  • Mundur, begitu melihat risikonya
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : c

106. Dalam seleksi sebagai ketua divisi pada cabang yang baru dibuka oleh kantor saya, maka saya akan...
  • Melihat syarat dan pra - syarat untuk mengikutinya
  • Mempersiapkan diri untuk mengikutinya
  • Mendaftarkan diri, karena saya yakin akan kemampuan saya
  • Jika itu bukan bidang saya, saya lebih baik menolaknya
  • Mendaftar dan mempersiapkan diri
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : d

107. Saya sedang merawat anak saya yang sedang sakit, padahal pekerjaan sudah lewat deadline dan selalu ditanyakan oleh pimpinan. Yang saya lakukan apabila saya diperhadapkan dengan situasi ini adalah ...
  • Meminta pengertian kepada atasan Anda untuk bisa memahami keadaan Anda
  • Meminta pengertian kepada keluarga Anda untuk bisa memahami keadaan Anda
  • Tetap membawa anak Anda ke rumah sakit untuk dirawat sembari menyelesaikan pekerjaan Anda di sana
  • Lembur di kantor dan meminta keluarga Anda yang lain untuk merawat anak Anda yang sedang sakit
  • Meminta rekan kerja Anda yang lain untuk menyelesaikan pekerjaan Anda
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : e
Poin 1 : b

108. Ketika tawaran kuliah di luar provinsi ada, dan disaat yang sama saya dikaruniai bayi kembar. Maka saya sebaiknya ...
  • Menolak tawaran tersebut
  • Menerima tawaran tersebut dengan konsekuensi meninggalkan keluarga saya
  • Menerima tawaran tersebut dengan permohonan agar keluarga dapat ikut saya dengan tambahan biaya hidup
  • Menolak tawaran tersebut namun mohon kebijakan pimpinan jika ada kesempatan lagi saya diikutkan
  • Menerima tawaran tersebut dan membawa serta keluarga berapapun biaya yang harus ditanggung
Jawaban : E
Poin 5 : d
Poin 4 : c
Poin 3 : e
Poin 2 : a
Poin 1 : b

109. Untuk menunjang keberhasilan kegiatan saya, maka saya selalu ...
  • Minta bimbingan guru dalam melaksanakan kegiatan tersebut
  • Mempelajari jenis kegiatan tersebut sebelum memulai kegiatan
  • Mencontoh orang lain yang sukses mengerjakan pekerjaan serupa
  • Menyesuaikan dengan kondisi yang sedang berjalan
  • Menggunakan cara yang biasa saya pakai
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : c
Poin 3 : a
Poin 2 : d
Poin 1 : e

110. Yang harus saya persiapkan untuk merencanakan sekolah adalah ...
  • Rencana pendidikan saya
  • Proposal pendidikan saya
  • Universitas tujuan saya
  • Uang yang saya butuhkan
  • Buku dan kurikulum yang digunakan
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : b
Poin 1 : d

111. Ketika harus menyusun suatu makalah saya akan ...
  • Menggunakan bahan yang dimiliki sebagai informasi utama
  • Berusaha mencari informasi dari berbagai sumber yang tersedia
  • Menggunakan pengetahuan yang saya miliki
  • Mencari informasi dari orang lain
  • Bertanya kepada orang lain
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : c
Poin 1 : e

112.  Apa yang anda lakukan sebagai anggota biasa dalam suatu unit untuk mengambil keputusan disaat pimpinan tidak ada....
  • Tetap menunggu pimpinan unit untuk datang
  • Meminta rekan lain saja yang mengambil keputusan
  • Bagaimanapun juga, saya tidak bersedia mengambil keputusan
  • Saya akan mengambil keputusan untuk menyelamatkan kondisi rumit
  • Saya menelpon dulu pimpinan lalu mengambil keputusan
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : d
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : c

113. Jika aturan pada tempat anda bekerja terdapat persyaratan yang membuat anda tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, maka sikap Anda ...
  • Tetap melanjutkan pendidikan meskipun tidak mendapatkan izin
  • Tetap fokus pada pekerjaan saja sambil menunggu persyaratan terpenuhi
  • Melakukan lobi kepada atasan agar mendapatkan izin
  • Melakukan protes keras den gan alasan menghalangi hak
  • Mengikuti kursus dan pendidikan informal sambil menunggu persyaratan dapat terpenuhi
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : a
Poin 1 : c

114. Ada yang mengatakan bahwa tidak semua orang yang berpendidikan tinggi mendapatkan pekerjaan sehingga banyak anak - anak yang tidak termotivasi untuk menerima pendidikan tinggi. Maka Anda akan...
  • Tetap ingin memiliki pendidikan yang tinggi
  • Mengurungkan niat untuk memperoleh pendidikan tinggi
  • Biasa saja
  • Menganggapnya sebatas isu saja
  • Bekerja saja
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : e
Poin 1 : b

115. Dianggap tidak layak sehingga laporan saya ditolak. Sikap saya ...
  • Introspeksi diri
  • Segera melakukan perbaikan atas draft laporan dan mengajukan kembali
  • Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
  • Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki
  • Meminta pertanggungjawaban team saya yang lain akan hal ini
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : a
Poin 2 : e

116. Tim kerja anda baru dipindahkan ke lokasi yang baru saja selesai direnovasi, di ruangan tim anda masih kotor dan berdebu. Maka yang akan tim anda lakukan adalah ...
  • Saling bahu - membahu membersihkan ruangan
  • Menyuruh petugas kebersihan untuk membersihkan ruangan
  • Menunggu sampai ruangan tempat bekerja bersih dan siap digunakan
  • Langsung menempati ruangan dan langsung bekerja
  • Mengandalkan seorang anggota dan petugas kebersihan untuk segera membersihkan
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : b
Poin 2 : c
Poin 1 : d

117. Sebaiknya Pegawai Negeri Sipil adalah yang ...
  • Bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya
  • Melayani masyarakat dengan sepenuh hati
  • Bekerja jika ada bayarannya saja
  • Profesional dan jujur dalam bekerja
  • Senang membantu mereka yang sedang kesusahan
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : d
Poin 3 : e
Poin 2 : a
Poin 1 : c

118. Apa yang anda lakukan bila terjadi kebakaran dikantor anda ...
  • Segera memanggil pemadam kebakaran
  • Melaporkan pada petugas gedung untuk menyelamatkan semua orang
  • Meminta semua tenang
  • Menjalankan prosedur penyelamatan diri, sehingga mengajak yang lain untuk keluar melalui
  • Mematikan aliran listrik dan tidak menggunakan lift untuk meningga lkan gedung
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : b

119. Apa yang akan anda lakukan bila anda diperhadapkan dengan perintah tugas keluar kota padahal disaat yang bersamaan tugas dikantor masih menumpuk ...
  • Meminta atasan untuk memberikan perpanjangan waktu menyelesaikan tugas tersebut
  • Meminta atasan untuk keluar kota setelah anda menyelesaikan pekerjaan anda
  • Mengkoordinasikan tugas yang dapat dipercayakan kepada rekan kerja, selain tidak menyalahi prosedur pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu
  • Membawa pekerjaan tersebut ke luar kota. Sehingga dapat diselesaikan tepat waktu
  • Menyelesaikan semampu Anda
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : e

120. Anda baru saja tinggal di asrama yang baru. Kebiasaan di asrama adalah ketika tidur lampu dimatikan. Padahal anda tidak bisa tidur kalau lampu dimatikan. Sikap anda adalah ...
  • Cuek saja
  • Marah dan meminta untuk dinyalakan lampunya
  • Menanyakan ke pimpinan asrama
  • Meminta agar ditempatkan diruangan sendiri
  • Tetap dengan kebiasaan asrama yang baru dan berupaya untuk menyesuaikan
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : b
Poin 1 : d

121. Apa yang anda lakukan ketika anda ditempatkan pada unit kerja yang sama sekali baru buat anda...
  • Berusaha memahami mekanisme kerja unit melalui arsip dan aturan kebijakan
  • Jarang masuk karena belum jelas apa yang harus dikerjakan
  • Duduk - duduk saja sambil menunggu perintah atasan
  • Berusaha mempelajari dan memahami mekanisme kerja unit melalui rekan
  • Memahami proses pekerjaan yang dilakukan teman sejawat
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : d
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : b

122. Anda baru selesai melakukan sebuah acara di rumah dan masih terdapat banyak sisa nasi, maka Anda akan....
  • Memberikannya kepada para tetangga
  • Memberikannya kepada ayam Anda
  • Membuangnya saja
  • Membuat nasi goreng
  • Memberikannya kepada orang yang lebih membutuhkan
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : d

123. Pada saat berangkat kerja, anda dalam perjalanan kendaraan anda mogok, padahal anda sudah ditunggu oleh pimpinan untuk menyampaikan laporan. Yang anda lakukan adalah ...
  • Marah pada diri sendiri karena tidak mengecek kendaraan
  • Mencoba memperbaiki kendaraan
  • Menitipkan ke bengkel dan menggunakan kendaraan lain ke kantor
  • Menghubungi pimpinan dan menyampaikan akan terlambat
  • Membatalkan ke kentor
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : b
Poin 2 : a
Poin 1 : e

124. Yang saya lakukan apabila saya salah dalam mengambil keputusan adalah ...
  • Menerima penuh segala akibatnya
  • Menyesali secara berkepanjangan keputusan yang telah saya buat
  • Menerima akibatnya dengan setengah menyesal
  • Menyalahkan orang lain yang telah mendorong saya
  • Menyalahkan orang lain karena tidak mengingatkan saya
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : c
Poin 3 : e
Poin 2 : b
Poin 1 : d

125. Ketika anda mulai belajar di sekolah anda yang baru, maka anda akan ...
  • Mengakrabkan diri dengan teman
  • Mengamati cara belajar di tempat belajar tersebut
  • Menunggu perintah kerja dari guru
  • Mencari tahu apa yang harus saya pelajari
  • Mempelajari sistem pengajaran di tempat tersebut dari peraturan
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : d
Poin 1 : c

126. Pada saat saya tidak menepati janji, saya akan ...
  • Merasa malu pada diri sendiri
  • Merasa takut disalahkan oleh orang yang bersangkutan
  • Tidak terpikir saya telah ingkar janji
  • Merasa bersalah pada orang yang bersangkutan
  • Merasa tenang saja, ingkar sudah suatu hal yang biasa
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : a
Poin 3 : b
Poin 2 : c
Poin 1 : e

127. Terlambat ke kantor menurut saya ...
  • Adalah hal biasa yang dilakukan oleh para PNS
  • Adalah hal yang mengganggu pekerjaan
  • Adalah hal yang menyalahi aturan
  • Adalah hal yang dapat dimaklumi
  • Adalah hal yang tidak boleh dilakukan
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : d
Poin 1 : a

128. Perbedaan orang yang terdidik dan tidak terdidik menurut saya adalah ...
  • Hartanya
  • Pretisenya
  • Jabatannya
  • Pola pikirnya
  • Huniannya
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : a

129. Didalam kendaraan umum ada seorang bapak tua yang menjual makanan ringan. Maka yang akan anda lakukan adalah ...
  • Membeli makanan tersebut sebagai bentuk penghormatan
  • Menaruh simpatik pada penjual makanan tersebut
  • Membiarkan bapak itu menawarkan makanan ringan
  • Memperhatikan penjual makanan tersebut
  • Membeli makanan tersebut jika menyukainya
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : d

130. Sikap saya terhadap tawaran beasiswa sekolah keluar negeri dikantor saya adalah ...
  • Melihat syarat dan pra-syarat untuk mengikutinya
  • Mempersiapkan diri untuk mengikutinya
  • Mendaftarkan diri, karena saya yakin akan kemampuan saya
  • Jika itu bukan bidang saya, saya lebih baik menolaknya
  • Mendaftar dan mempersiapkan diri
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : d

131. Untuk mempertahankan prestasi dalam sebuah kompetisi. Maka yang harus dilakukan adalah ...
  • Mempelajari teknik - teknik baru untuk persiapan kompetisi tahun depan
  • Berlatih secara rutin dan terpogram
  • Manambah latihan fisik untuk meningkatkan daya tahan tubu
  • Mempelajari kelemahan tim lawan untuk dapat mengalahkan mereka
  • Melakukan pertandingan uji coba meningkatkan kemampuan kami
Jawaban
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : d

132. Tim anda mengalami kelelahan yang luar biasa karena hampir setiap hari bekerja lembur. Sebagai ketua yang akan anda lakukan adalah...
  • Menjadwalkan liburan setelah seluruh tugas selesai
  • Memberikan janji promosi jabatan
  • Memberikan bonus akhir tahun sesuai kinerja
  • Ikut serta bekerja lembur dan memberikan reward yang wajar sebagai wujud memberikan semangat
  • Memberikan tunjangan lembur
Jawaban
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : b

133. Tim kerja anda mengalami penurunan produktivitas kerja, maka hal yang akan anda lakukan untuk menanggulangi keadaan tersebut adalah...
  • Segera merombak tim kerja sebagai bentuk evaluasi performance kinerja
  • Memecat karyawan yang terbukti mengalami penurunan kinerja
  • Menganggap penurunan produktivitas sebagai hal yang lumrah
  • Memperhatikan kondisi fisik dan psikologi karyawan
  • Menghilangkan tunjangan kerajinan pada karyawan yang terbukti mengalami penurunan kinerja
Jawaban
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : b

134. Jika ada seorang rekan yang memberikan secara langsung berkas - berkas temannya untuk ditindaklanjuti oleh Anda, maka Anda akan...
  • Menindaklanjutinya karena Anda tidak enak hati dengan teman Anda itu
  • Menindaklanjutinya jika ada imbalan saja
  • Segera menindaklanjutinya
  • Memberinya nomor urut seperti klien yang lain
  • Tidak mempedulikannya
Jawaban : D
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : a
Poin 2 : e
Poin 1 : b

135. Orang besar adalah orang yang selalu ...
  • Berjiwa besar
  • Pemaaf
  • Kreatif
  • Senang belajar
  • Berani
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : d
Poin 1 : c

136. Ketika bertugas untuk mengaudit, dan setelah selesai mengaudit klien anda memberikan uang untuk trasnport. Yang anda lakukan adalah ...
  • Menerimanya sepanjang tidak diketahui oleh rekan yang lain
  • Mengembalikan dengan halus
  • Marah karena klien telah berusaha menyogok Anda
  • Menolak bila disuruh atasan
  • Menolak karena Anda tahu itu gratifikasi
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : d
Poin 1 : a

137. Sehubungan dengan pekerjaan Anda, kantor Anda memeberikan jatah uang makan sebesar Rp.500.000, - untuk makan siang setiap harinya. Uang tersebut akan diganti seusai dengan bukti pembayaran makan siang. Namun menurut Anda makan siang Anda selama ini tidak sebesar jumlah tersebut. Oleh karena itu Anda akan...
  • Tetap makan dengan jumlah tersebut demi mendapatkan uang reimburse
  • Makan dengan jumlah yang secukupnya menurut Anda
  • Makan secukupnya tapi memalsukan kwitansinya
  • Makan secukupnya dengan kwitansi yang sebenarnya
  • Ikut bagaimana rekan saya yang lain saja
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : a
Poin 2 : e
Poin 1 : c

138. Saya akan melanjutkan pendidikan tinggi setelah saya...
  • Memiliki banyak uang
  • Memiliki rumah & mobil pribadi
  • Memiliki kesempatan
  • Memiliki jabatan tinggi
  • Bekerja selama beberapa bulan
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : a

139. Tugas Anda harus diselesaikan dalam satu minggu. Maka Anda akan...
  • Menyelesaikan tugas yang lainnya dulu lebih yang lebih dekat batas waktunya
  • Menumpuk tugas tersebut pada daftar tugas Anda
  • Membiarkan tugas tersebut hingga Anda tergerak untuk menyelesaikannya
  • Menyelesaikan tugas tersebut manakala sudah ditagih oleh atasan Anda
  • Menyelesaikan tugas jika ada yang membantu Anda
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : d
Poin 2 : c
Poin 1 : e

140. Saya akan bekerja dengan baik apabila saya ...
  • Mendapatkan gaji yang besar
  • Mendapatkan fasilitas tempat tinggal atau kendaraan pribadi
  • Diberi kesempatan melanjutkan studi
  • Diberi kesempatan untuk naik jabatan
  • Diberi kesempatan untuk melakukan inovasi dalam pekerjaan
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : a

141. Hal pertama yang akan saya lakukan saat saya memasuki tempat kerja yang baru adalah...
  • Mempelajari sistem kerja di tempat tersebut dari peraturan dan data
  • Mencari tahu apa yang harus saya kerjakan
  • Menunggu perintah kerja dari atasan
  • Mengamati sistem kerja pegawai di tempat kerja tersebut
  • Menyapa rekan kerja baru dan bertanya tentang sistem kerja di tempat tersebut
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : c

142. Jika diberikan tugas kantor yang berat oleh atasan, maka saya...
  • Jujur mengatakan pada atasan tugasnya terlalu berat
  • Meminta keringanan
  • Meminta rekan kerja membantu
  • Berusaha menyelesaikan sebaik - baiknya
  • Membiarkan, karena nantinya atasan pasti menyuruh orang lain membantu saya
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : c
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : e

143. Kondisi kerja yang paling saya harapkan adalah kondisi yang...
  • Memotivasi saya untuk bekerja lebih giat
  • Memberi kesempatan kepada saya untuk mengaktualisasikan diri
  • Memberikan kemungkinan promosi jabatan bagi saya
  • Menyediakan stabilitas pekerjaan kepada saya
  • Menghasilkan pendapatan tambahan bagi saya
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : d
Poin 2 : c
Poin 1 : e

144. Sebagai ketua dalam pentas seni anda mendapat laporan bahwa bintang tamu acara tersebut mengundurkan diri 1 hari sebelum hari H, anda bingung karena tiket terjual habis. Agar acara tersebut terselenggara dengan baik, yang akan anda lakukan adalah...
  • Memberikan bayaran lebih kepada artis tersebut
  • Mengganti bintang tamu dengan artis lain yang memiliki kepopuleran yang lebih
  • Memundurkan jadwal pentas seni hingga bintang tamu tersebut mau tampil
  • Mendatangi bintang tamu tersebut dan memintanya untuk bersikap professional
  • Mengembalikan ganti rugi tiket pada para calon penonton
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : a

145. Saya senang jika rekan saya bisa menjadi rekan kerja yang...
  • Mandiri
  • Senang membantu
  • Profesional
  • Jujur
  • Penuh dedikasi
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : d
Poin 3 : c
Poin 2 : b
Poin 1 : a

146. Dalam hubungan pertemanan saya senang apabila mendapati teman baru yang...
  • Periang dan berpikir positif
  • Memiliki wawasan luas
  • Santun dan rendah hati
  • Mudah menyesuaikan diri
  • Memiliki pengalaman yang banyak
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : e

147. Kalau saya membeli hadiah untuk teman, sebelum membeli saya akan mempertimbangkan ...
  • Uang yang saya miliki
  • Kemampuan saya dan kesenangan teman saya
  • Uang saya dan sedikit kesenangan teman saya
  • Mengesampingkan keuangan saya
  • Lebih mempertimbangkan kesenangan teman saya
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : c
Poin 3 : e
Poin 2 : d
Poin 1 : a

148. Sikap saya terhadap perubahan ide dan cara baru dalam melaksanakan pekerjaan adalah...
  • Stabilitas dalam bekerja lebih penting
  • Perubahan adalah sebuah keniscayaan
  • Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan
  • Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik
  • Keberhasilan pekerjaan tergantung jenis perubahan, ide, dan cara baru tersebut
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : d
Poin 3 : b
Poin 2 : a
Poin 1 : c

149. Ketika atasan saya tidak berada di kantor terjadi permasalahan di kantor yang membutuhkan kebijaksanaannya. Maka saya akan...
  • Diam saja hingga atasan Anda datang
  • Mengambil keputusan yang tepat menurut Anda agar permasalahan yang ada bisa secepatnya bisa diselesaikan
  • Bermusyawarah dengan rekan Anda yang lain sebelum memutuskan untuk megambil tindakan
  • Takut mengambil keputusan karena tidak siap menanggung risikonya
  • Meminta pendapat dari atasan saja
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : a
Poin 1 : d

150. Jika ada waktu luang, selama akhir pekan saya biasanya...
  • Gunakan untuk tidur siang
  • Saya ajak keluarga untuk makan di luar
  • Berlatih bermain music
  • Saya gunakan untuk mempelajari hal - hal lain yang sifatnya positif
  • Saya gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor yang belum selesai
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : d
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : a


Warning!
Anda telah mengakses sebagian dari soal SKD CPNS. Untuk mengakses ribuan soal lagi, silahkan klik tautan berikut ini.