TKP Bagian 4

Soal 151-160

151. Guna mencapai tujuan yang saya inginkan saya akan...
  • Meminta bantuan orang lain
  • Berusaha dengan prinsip biar lambat asal selamat
  • Menyerahkan pada nasib
  • Berusaha dengan sekeras - kerasnya
  • Berusaha sesuai kemampuan tanpa target
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : e

152. Anda menerima perintah tugas ke luar kota. Kebetulan pekerjaan anda di kantor menumpuk dan harus diselesaikan. Maka tindakan yang akan anda lakukan adalah...
  • Meminta atasan untuk memberikan perpanjangan waktu menyelesaikan tugas tersebut
  • Meminta atasan untuk keluar kota setelah anda menyelesaikan pekerjaan anda
  • Mengkoordinasikan tugas yang dapat dipercayakan kepada rekan kerja, selain tidak menyalahi prosedur pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu
  • Membawa pekerjaan tersebut ke luar kota. Sehingga dapat diselesaikan tepat waktu
  • Menyelesaikan semampu Anda
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : e

153. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal - hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya...
  • Akan bertanggung jawab
  • Membiarkan masalah tetap berlangsung
  • Melihat dulu adakah orang lain yang juga turut bersalah
  • Mungkin ada pihak lain yang harusnya bertanggung jawab
  • Mempertimbangkan kemungkinan bahwa saya tidak bersalah akan hal itu
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : c
Poin 1 : b

154. Anda senang tinggal dalam lingkungan yang...
  • Rumahnya berdekatan
  • Tertutup
  • Sepi
  • Suasananya individual
  • Suasananya penuh kekeluargaan
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : a
Poin 3 : b
Poin 2 : c
Poin 1 : d

155. Suatu hari rekan saya di kantor meminta tolong kepada saya meminjaminya uang untuk keperluan keluarganya yang sedang sakit. Saya akan...
  • Meminjami dan mengingatkan untuk segera mengembalikannya
  • Meminjami bila ada uang saya
  • Mengatakan bahwa saya juga sedang tidak punya uang
  • Pura - pura tidak ada uang
  • Tidak mau meminjami
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : d

156. Seluruh pekerjaan di kantor telah selesai saya selesaikan, namun jam kerja hari ini masih tersisa sekitar 3 jam lebih...
  • Saya pergunakan untuk membaca buku - buku pengembangan diri
  • Saya pergunakan untuk chatting dengan kawan lama
  • Saya lebih suka membaca tabloid infotainment
  • Setelah lelah bekerja hari ini, saya rasa tak ada salahnya saya mengobrol dengan rekan-rekan kerja lain untuk sekedar mengisi waktu dan
  • menambah ilmu dari mereka
  • Mumpung masih di kantor dengan fasilitas internet, maka saya pergunakan untuk mengakses situs jaringan social
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : d
Poin 3 : b
Poin 2 : c
Poin 1 : e

157. Sepulang dari kantor, Anda akan...
  • Pulang ke rumah
  • Membelikan makanan untuk keluarga Anda
  • Membawa cerita baru dari kantor Anda buat keluarga
  • Tidak mempersiapkan apa pun
  • Segera beristirahat saja
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : d

158. Menyediakan jajanan di meja kerja kantor menurut saya...
  • Boleh saja asal tidak terlalu banyak
  • Boleh asal bagi - bagi dengan atasan
  • Tidak boleh
  • Meminta izin atasan terlebih dulu
  • Boleh asal atasan juga melakukan
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : a
Poin 3 : b
Poin 2 : e
Poin 1 : c

159. Di suatu supermarket, Anda melihat seorang kasir yang melakukan kecurangan terhadap pembeli tunanetra. Yang sebaiknya Anda lakukan adalah.....
  • Membiarkannya
  • Menegur dan mengingatkan kasir agar tidak berlaku curang
  • Cuek saja karena bukan urusan Anda
  • Memberitahukan pada pembeli bahwa ia dicurangi
  • Melaporkan kasir pada atasan/pemilik supermarket
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : d

160. Di kantor saya termasuk orang yang...
  • Supel dan mudah akrab
  • Disiplin dan pekerja keras
  • Ulet dan pantang menyerah
  • Pintar dan penuh ide - ide segar
  • Bertanggungjawab dan memiliki kepribadian kuat
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : b
Poin 2 : a
Poin 1 : d

Soal 161-170

161. Sebuah organisasi sedang mengalami permasalahan internal seputar manajemen keuangan (kerugian atau defisit yang cukup besar). Pendapat saya terhadap kondisi ini adalah ...
  • Saya akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang terjadi dan tidak ingin ikut campur masalah keuangan
  • Seharusnya pimpinan puncak dapat menindak tegas yang terlibat dalam masalah ini
  • Tidak mempersoalkan masalah tersebut karena bukan bagian tugas saya
  • Pastikan bahwa kepala keuangan bertanggungjawab penuh terhadap masalah ini
  • Perlu menjelaskan permasalahan kondisi keuangan perusahaan kepada seluruh jajaran organisasi agar dapat mengevaluasi kembali rencana pembelanjaan
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : b
Poin 2 : d
Poin 1 : c

162. Menurut saya, orang baik adalah ...
  • Orang yang selalu menepati janji
  • Orang selalu menolong orang lain
  • Orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain
  • Orang yang tidak pernah berbuat jahat
  • Orang yang mampu mengemban amanat
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : b
Poin 3 : c
Poin 2 : d
Poin 1 : a

163. Saya senang melakukan pekerjaan yang...
  • Saya senangi
  • Penuh tantangan
  • Sesuai kemampuan
  • Seperti rutinitas biasa
  • Tidak memiliki resiko
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : d
Poin 1 : e

164. Jika suatu rencana kerja terlihat rumit, maka ...
  • Saya tak mau repot - repot mencobanya
  • Saya khawatir jika mencobanya dan gagal
  • Saya berani mencoba setelah mempertimbangkan risikonya
  • Saya minta pendapat isteri yang penting saya coba dulu
  • Yang penting saya coba dulu
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : e
Poin 2 : b
Poin 1 : a

165. Suatu hari Anda sedang rapat bersama para pimpinan, salah seorang pimpinan mengeluarkan pendapatnya. Namun Anda tidak setuju dengan pendapat tersebut, maka Anda akan...
  • Langsung mengeluarkan pendapat Anda juga walau ia pimpinan
  • Menutup mulut karena tidak mau membantah pimpinan
  • Mengiyakan saja untuk menyetujui pendapat pimpinan tersebut
  • Meninggalkan ruangan rapat karena Anda geram dengan pimpinan Anda
  • Biasa saja karena hal tersebut sudah sering terjadi
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : b
Poin 1 : d

166. Jika pasangan saya tidak menyukai tempat dimana saya bekerja maka sikap saya...
  • Menanyakan alasan pasangan saya mengatakan hal tersebut
  • Menjelaskan bahwa saya juga mencintai pekerjaan saya
  • Mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan saya
  • Tetap memilih pekerjaan saya dengan resiko memutus hubungan dengan pasangan saya
  • Membawa pasangan saya ketempat saya bekerja dan membiarkan dirinya menilai
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : d

167. Suatu hari hujan mengguyur dengan deras dan jalanan yang Anda lalui kebanjiran, maka Anda akan...
  • Menggerutu
  • Kesal karena banjir
  • Biasa saja
  • Bermain air
  • Menunggu hingga airnya surut
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : e
Poin 3 : b
Poin 2 : a
Poin 1 : d

168. Nonton film pada saat jam kantor menurut saya...
  • Boleh saja
  • Tidak boleh
  • Boleh asal pimpinan menyetujui
  • Boleh asal pekerjaan sudah selesai
  • Boleh asal tidak ketahuan
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : b

169. Setelah menyelesaikan pekerjaan tertentu, saya akan ...
  • Langsung melakukan aktifitas lain
  • Istirahat sejenak
  • Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar terbaru dari kerabat dan kawan saya
  • Membaca Koran
  • Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan aktifitas lain
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : a
Poin 3 : b
Poin 2 : d
Poin 1 : c

170. Jika mengalalami kegagalan dalam rangka mencoba sesuatu maka saya...
  • Mencari bantuan untuk jalan keluar
  • Menganggap kegagalan sebagai resiko sekaligus latihan
  • Akan berusaha terus untuk mencoba lagi sampai berhasil
  • Kecewa tetapi masih ada semangat untuk mencoba
  • Merasa kehilangan semangat untuk memulai
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : b
Poin 3 : d
Poin 2 : a
Poin 1 : e

Soal 171-180

171. Ketika sedang mengerjakan tugas bersama yang harus selesai pada hari itu, seorang teman akan meninggalkan terlebih dahulu, maka saya...
  • Memaksanya untuk tetap tinggal
  • Ikut pergi juga
  • Membujuk untuk menyelesaikan tugas
  • Meminta dia untuk terlebih dahulu mempertimbangkan
  • Meminta pertimbangan teman lain
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : b

172. Ketika anda mengetik tugas dari atasan anda, tanpa sengaja teman anda mencabut kabel sambung dari stop kontak, secara otomatis komputer anda mati. Anda sangat panik karena data yang anda ketik belum tersimpan. Maka sikap yang akan anda tunjukan adalah ...
  • Memarahi rekan yang melakukan hal tersebut
  • Menerima permintaan maaf teman Anda
  • Meminta teman anda bertanggung jawab atas perbuatannya
  • Memaklumi ketidaksengajaan teman anda dan segera meneruskan tugas
  • Menghela nafas panjang
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : a

173. Dalam suatu forum diskusi tim kerja unit saya, seorang rekan menolak hadir. Sikap saya ...
  • Memaksanya untuk tetap hadir
  • Ikut tidak hadir juga
  • Membujuk untuk mengikuti forum
  • Meminta dia untuk terlebih dahulu mengikuti forum
  • Meminta pertimbangan rekan lain
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : b

174. Suatu hari Anda menginap di rumah salah seorang keluarga Anda. Keluarga Anda kemudian menghidangkan sebuah hidangan yang tidak Anda sukai, maka Anda akan...
  • Makan nasinya saja tanpa menyentuh hidangan tersebut
  • Makan saja untuk menghormati tuan rumah
  • Mengatakan bahwa Anda sudah kenyang
  • Makan dengan garam dan kerupuk saja
  • Jujur dan tidak mau makan
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : c
Poin 3 : e
Poin 2 : d
Poin 1 : a

175. Ada seorang teman yang tidak mampu membayar uang ujian anaknya, maka saya .. .
  • Membantu membayar sebagian biaya dengan tabungan saya
  • Merasa kasihan dan menghiburnya
  • Menganggap hal itu biasa saja
  • Membayar dengan uang tabungan saya untuk membayar
  • Mengkoordinir teman untuk iuran guna membayar biayanya
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : c

176. Rekan saya sering menerima telepon saat kami sedang berdiskusi tentang hal yang berkaitan dengan pekerjaan kantor. Sikap saya adalah ...
  • Menggerutu
  • Kesal karena tidak dihiraukan
  • Biasa saja
  • Bermain handphone
  • Menunggu hingga rekan tersebut berhenti menelpon, lalu menasihatinya
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : b
Poin 2 : a
Poin 1 : d

177. Menurut rekan - rekan saya, saya ini orang yang...
  • Tidak memiliki ketekunan dalam mengerjakan pekerjaan rutin
  • Memiliki ketekunan rendah
  • Terkadang tekun
  • Terkadang mudah jengkel dan kurang tekun mengerjakan sesuatu
  • Cukup tekun
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : b
Poin 2 : a
Poin 1 : d

178. Sebagai ketua panitia kegiatan, haruslah membuat laporan pertanggungjawaban. Jika saya sebagai ketua, maka saya ...
  • Bersama anak buah menyusun laporan
  • Membentuk tim khusus untuk membuat laporan tersebut
  • Sendiri menyusun laporan karena tak ingin ada kesalahan yang dibuat oleh anak buah
  • Menugaskan pembuatan laporan kepada anak buah
  • Laporan itu belum tentu akan diperiksa atasan, dibuat atau tidak maka tak masalah buat saya
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : c
Poin 1 : e

179. Atasan bagi saya adalah...
  • Seseorang yang berhak mengatur bawahannya
  • Seseorang yang mempunyai pangkat yang lebih tinggi dari saya
  • Seseorang yang mempunyai pemahaman yang lebih baik daripada saya dalam hal pekerjaan
  • Seseorang yang harus saya hormati pendapatnya
  • Seseorang yang menjadi tempat saya bertanya jika mengalami masalah dalam pekerjaan saya
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : b
Poin 2 : d
Poin 1 : a

180. Anda mempunyai pimpinan baru di kantor. Anda akan...
  • Bersikap sopan kepadanya
  • Memperkenalkan diri Anda
  • Bersikap ramah dan hormat kepadanya
  • Memberitahunya rekan - rekan Anda yang kurang profesional
  • Biarkan waktu saja yang membuatnya akrab
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : c
Poin 3 : a
Poin 2 : e
Poin 1 : d

Soal 181-190

181. Saya dimutasi ke departemen lain dimana di departemen tersebut ada seseorang yang tidak suka dengan saya, maka sikap saya ...
  • Acuh tak acuh
  • Meminta kepada atasan untuk tidak dipindahkan ke instansi yang dimaksud
  • Berusaha menjadi diri sendiri dengan bersabar, dan memperbaiki diri
  • Bertanya kepada orang tersebut dan bertanya kenapa tidak menyukai saya
  • Mengundurkan diri dari pekerjaan karena takut
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : c
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : e

182. Keadaan yang sering terjadi saat ada masalah dalam sebuah tim kerja yang baru adalah ...
  • Semua teman saya terlibat aktif untuk menyelesaikannya
  • Tidak semua orang mau mengerjakan pekerjaan yang terkait dengan masalah tersebut
  • Akhirnya saya juga yang harus membereskannya
  • Saling mengharapkan ada yang menyelesaikan pekerjaan tersebut
  • Pekerjaan akan selesai hanya jika ada yang memulai bekerja
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : d

183. Saya sangat senang dengan atasan yang ...
  • Dekat dengan anak buah
  • Disiplin dan mempunyai etos kerja tinggi
  • Bertanggung jawab
  • Mau mendengar masukan dari bawahan
  • Memberi tahu hal - hal yang harus dikerjakan
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : b
Poin 2 : a
Poin 1 : e

184. Jajaran direksi di tempat saya bekerja mengalami perombakan besar - besaran. Saya ...
  • Tidak mau memikirkannya, saya cuma pegawai biasa
  • Perubahan direksi adalah hal yang biasa
  • Bekerja semakin giat dengan harapan dapat menjadi anggota direksi suatu saat nanti
  • Harus cepat - cepat mendekati atasan baru
  • Perombakan direksi diperlukan untuk mencapai kemajuan perusahaan
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : b
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : d

185. Ketika menghadapi masalah, saya cenderung ...
  • Tidak bersemangat
  • Mudah marah
  • Bercerita kepada teman
  • Bingung dan sedih
  • Tetap seperti biasa
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : a
Poin 2 : d
Poin 1 : b

186. Saya diutus untuk menghadiri seminar menggantikan atasan saya. Pada saat yang bersamaan saya sedang mengerjakan laporan yang tidak terlalu mendesak.
  • Saya akan selesaikan terlebih dahulu laporan tersebut, sebab bisa saja diminta oleh atasan sewaktu-waktu
  • Laporan tersebut akan menjadi merepotkan kalau tertunda
  • Saya akan menghadiri seminar tersebut agar dapat menghindar dari tugas laporan
  • Saya akan menghadiri seminar tersebut karena laporan belum harus segera diserahkan kepada atasan
  • Saya bisa menghadiri seminar dan mengerjakan laporannya nanti saja
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : c
Poin 3 : b
Poin 2 : e
Poin 1 : d

187. Orang tua saya sakit keras, akan tetapi di kantor pekerjaan tidak bisa ditinggalkan. Sikap saya adalah ...
  • Tidak masuk kerja dan memberikan surat izin
  • Bekerja ke kantor seperti biasa dan menghubungi orang tua setiap waktu dari tempat kerja
  • Berusaha membereskan pekerjaan dan meminta izin kepada atasan jika memang itu diperlukan
  • Mengurus orang tua dan mengirimkan surat sakit dari dokter
  • Datang ke kantor agak siangan dan menjelaskannya kepada atasan bahwa orang tua sakit
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : a

188. Andi adalah seorang karyawan yang rajin. Namun apa yang akan terjadi pada masa mendatang tak ada yang tahu.
  • Andi tetap saja akan terkena PHK jika ekonomi nasional lesu
  • Mustahil karyawan serajin Andi kena PHK
  • Karakter Andi sebagai karyawan rajin dapat membantu kenaikan karirnya kelak
  • Pemecatan banyak karyawan tidaklah terlalu berpengaruh terhadap citra perusahaan
  • Harusnya karyawan rajin tak boleh kena PHK
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : a

189. Saya memiliki buku favorit dan buku tersebut dihilangkan oleh teman dekat saya.
  • Saya marah pada teman saya
  • Saya memintanya untuk mengganti buku tersebut karena buku itu favorit saya
  • Saya sangat menyukai buku tersebut, namun buku itu sudah hilang
  • Saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi
  • Saya memintanya untuk mengganti dan mengatakan padanya untuk lebih berhati - hati jika meminjam buku saya lagi
Jawaban : e
Poin 5 : e
Poin 4 : b
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : d

190. Jika ada tugas yang kurang menyenangkan, ...
  • Tetap saya selesaikan karena itu tanggungjawab saya
  • Daripada saya stress, lebih baik saya minta orang lain yang mengerjakan
  • Saya berhak memprotes kepada atasan
  • Saya selesaikan meskipun terasa berat hati
  • Saya meminta tolong rekan kerja untuk menyelesaikan
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : c

Soal 191-200

191. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Berkaitan dengan hal itu saya senang...
  • Pekerjaan yang menantang
  • Pekerjaan yang rutin
  • Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru
  • Bekerja dengan standar yang tinggi
  • Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : e

192. Pimpinan kantor menggelar rapat kerja membahas penyusunan rencana kerja untuk tahun anggaran depan. Setiap pegawai diharapkan mempersiapkan usulan untuk kegiatan tahun depan. Respon saya...
  • Berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan meskipun nantinya ide tersebut tidak diterima
  • Tidak berminat sama sekali untuk mengajukan suatu ide kegiatan
  • Akan mengajukan suatu ide kegiatan jika diminta oleh pimpinan
  • Mungkin berminat untuk mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan tergantung situasi dan kondisi
  • Ragu ragu untuk mengajukan suatu ide kegiatan karena akan kecewa jika tidak diterima
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : d
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : b

193. Saya sudah bekerja lama di sebuah perusahaan dan tidak juga mendapat promosi jabatan. Suatu hari, rekan kerja saya yang baru beberapa bulan bekerja mendapatkan promosi jabatan. Saya ...
  • Pasti ada persekongkolan
  • Pasti giliran saya akan datang juga
  • Meningkatkan kinerja agar mendapat kesempatan promosi
  • Tetap bekerja seperti biasa
  • Tidak terima dan memutuskan keluar dari perusahaan
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : b
Poin 2 : e
Poin 1 : a

194. Menurut saya cara yang tepat untuk mencapai keusksesan dalam bekerja adalah ...
  • Bekerja dengan sepenuh hati
  • Mematuhi semua perintah atasan tanpa terkecuali
  • Bekerja dengan giat dan berusaha memberikan yang terbaik
  • Berusaha menyingkirkan orang la in yang berpotensi menghalangi karir saya
  • Bekerja tanpa mengenal waktu
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : a
Poin 3 : e
Poin 2 : b
Poin 1 : d

195. Dalam setiap pekerjaan pasti memiliki job description masing - masing, dan saya telah melakukan sesuai dengan job description tersebut.
  • Ditengah - tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu teman menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda
  • Saya akan membantu kawan saya yang lain jika diminta
  • Saya mau mempelajari hal lain diluar deskripsi jabatan saya
  • Saya hanya akan melakukan pekerjaan diluar deskripsi jabatan jika diminta oleh atasan
  • Enggan berkontribusi lebih dari apa yang telah dikerjakan saat ini
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : c
Poin 3 : b
Poin 2 : d
Poin 1 : e

196. Keadaan yang sering terjadi saat ada pekerjaan kelompok adalah ...
  • Semua teman saya terlibat aktif untuk menyelesaikannya
  • Tidak semua orang mau mengerjakan pekerjaan tersebut
  • Akhirnya saya juga yang harus membereskannya
  • Saling mengharapkan ada yang menyelesaikan pekerjaan tersebut
  • Pekerjaan akan selesai hanya jika ada yang memulai bekerja
Jawaban : a
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : d

197. Berpindah - pindah pekerjaan adalah hal yang wajar.
  • Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya
  • Saya meyakini nilai - nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji
  • Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya
  • Saya meyakini bahwa loyalitas itu penting, sehingga saya merasakan pentingnya tanggung jawab moral karyawan
  • Saya menyukai pekerjaan saya, tetapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : a
Poin 2 : e
Poin 1 : c

198. Jika saya sedang marah kepada orang lain, ...
  • Saya susah memberitahukannya
  • Saya marah dengan diam mengacuhkannya
  • Saya memberitahukan kesalahannya
  • Saya tampar wajahnya
  • Kalau memang keterlaluan baru saya tampar wajahnya
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : a
Poin 3 : b
Poin 2 : e
Poin 1 : d

199. Dibandingkan dengan rekan - rekan kerja saya yang lain, gaya kemarahan saya adalah ...
  • Saya sering marah seperti lazimnya rekan lain
  • Kemarahan saya lebih dahsyat dari rekan lain
  • Saya tidak pernah marah
  • Saya marah jika memang diperlukan untuk perbaikan kondisi agar lebih baik
  • Saya cenderung lebih pemarah dari rekan lain
Jawaban : d
Poin 5 : d
Poin 4 : a
Poin 3 : e
Poin 2 : b
Poin 1 : c

200. Pendapat saya tentang kesabaran, ...
  • Sabar itu memang mudah diucapkan namun sulit dilakukan
  • Bersabar adalah hal paling sulit dalam hidup saya
  • Saya terus berusaha menjadi lebih sabar
  • Sabar itu ada batasnya
  • Mustahil ada orang yang selalu bisa bersabar terhadap semua kasus kehidupan
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : a
Poin 1 : b


Warning!
Anda telah mengakses sebagian dari soal SKD CPNS. Untuk mengakses ribuan soal lagi, silahkan klik tautan berikut ini.