TKP Bagian 1


Soal 1-10

1. Anda sedang berada di kendaraan umum yang penuh sesak dengan penumpang, tiba - tiba pimpinan anda menelpon dan anda kesulitan untuk menjawab panggilan tersebut, maka sikap anda ...
  • Marah pada orang yang ada di dekat anda
  • Menggerutu
  • Biasa saja
  • Turun dari kendaraan umum
  • Bersabar
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : a

2. Bagaimana sikap anda jika diminta melakukan investigasi ke tempat yang anda sama sekali belum pernah datangi ...
  • Mundur
  • Menolaknya secara tegas
  • Meminta pertimbangan ulang
  • Antusias
  • Menyanggupinya dengan sedikit ragu
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : b
Poin 1 : a

3. Anda diminta menggantikan rekan yang bekerja di gudang, sedangkan kondisi gudang yang pengap dan panas tentunya berbeda dengan ruang kerja anda, maka anda akan ...
  • Tertantang untuk mengerjakan dengan baik
  • Merasa takut
  • Bekerja seperti biasa
  • Menerima dengan berat hati
  • Menyiapkan alasan apabila tidak tuntas
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : e

4. Pada saat anda sedang melakukan wawancara dengan narasumber, tiba - tiba tetangga anda menelpon dan memberi tahu bahwa baru saja terjadi pencurian di rumah anda, sikap anda ...
  • Segera kembali ke rumah
  • Memohon maaf dan minta izin pada narasumber tersebut untuk kembali ke rumah
  • Mengabaikan urusan rumah karena masih sibuk
  • Kembali setelah wawancara selesai
  • Menelpon meminta kerabat mengurusinya dulu
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : d
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : e

5. Program yang diusung oleh tim saya sering tidak berjalan dengan baik, saya sebaiknya ...
  • Memberi kritik dan tetap berusaha memberi semangat tim saya sekuat tenaga
  • Tetap berfikir positif walau hanya dengan berdiam diri saja
  • Pura - pura tidak paham masalahnya
  • Menyarankan agar melakukan evaluasi dan segera melakukan perbaikan
  • Menyaranka n agar beberapa rekan tim diganti saja karena selalu tidak beres
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : d
Poin 3 : b
Poin 2 : c
Poin 1 : e

6. Jika teman anda ingin meminjam kendaraan pribadi yang biasa anda gunakan ke kantor, maka yang anda lakukan adalah ...
  • Meminjamkannya
  • Meminta teman agar mengisi bensinnya
  • Meminta biaya sewa
  • Meminta maaf karena tidak bisa meminjamkannya
  • Meminjamkannya dengan parasaan was - was
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : b
Poin 2 : d
Poin 1 : c

7. Dalam perjalan berangkat ke kantor, Anda ditelpon oleh tetangga anda untuk menjemputnya di halte karena ia baru saja kecopetan, maka anda akan ...
  • Menolaknya secara halus
  • Menolaknya karena anda pasti akan terlambat ke kantor
  • Segera menuruti permintaannya
  • Menjemputnya sambil mengeluh
  • Menolak secara halus, kemudian mematikan handphone
Jawaban : c
Poin 5 : c
Poin 4 : d
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : e

8. Setiap pagi dalam perjalanan menuju kantor saya sering merasa ...
  • Banyak tugas yang menanti saya
  • Bersemangat untuk melaksanakan aktifitas sehari - hari
  • Pusing memikirkan susana kantor yang kurang nyaman
  • Merasa tertantang akan apa yang saya hadapi kedepan
  • Berharap semoga hari ini hari baik saya
Jawaban : b
Poin 5 : b
Poin 4 : d
Poin 3 : a
Poin 2 : e
Poin 1 : c

9. Rumah kost yang baru anda tempati merupakan bangunan lama dengan dekorasi yang sudah ketinggalan jaman, banyak barang - barang tua yang tidak lagi dapat digunakan dengan baik. mengenai hal ini saya ...
  • Biasa saja karena tak mau ambil pusing
  • Saya kumpulkan barang - barang tersebut kemudian saya jual ke pasar barang bekas
  • Saya meminta pemilik agar memperbaharui dekorasi rumah
  • Saya coba dekorasi sendiri sedemikian rupa agar terlihat lebih baik
  • Saya kumpulkan barang mana yang masih dapat dipakai dan mana yang tidak
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : b

10. Slogan menarik yang akan anda kenakan pada produk baru anda adalah ...
  • Cepat dan tidak bikin ribet
  • Murah dan berkualitas
  • Ramah, cepat, dan tanggap
  • Mudah dan cepat
  • Lengkap dan murah
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : d
Poin 1 : a

Soal 11-20

11. Semakin bertambah usia seseorang maka akan banyak perubahan terjadi dalam hidupnya. Terhadap perubahan tersebut saya akan ...
  • Mengalami kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan ini
  • Membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri
  • Dapat mengubah kebiasaan saya selama ini
  • Tidak dapat menyesuaikan diri tanpa bantuan orang lain
  • Mudah menyesuaikan kegiatan dengan situasi baru
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : b
Poin 2 : d
Poin 1 : a

12. Bagi saya, kegagalan tahun lalu dalam tes masuk perguruan tinggi impian saya adalah ...
  • Isyarat bahwa saya tidak pantas jadi mahasiswa di kampus tersebut
  • Membuat saya trauma dan malu
  • Saya upayakan dengan segala cara, agar dapat berhasil pada tes berikutnya
  • Justru meningkatkan semangat saya untuk lebih meningkatkan persiapan pada tes berikutnya
  • Saya yakin ada unsur kecurangan dalam tes tersebut
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : c
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : e

13. Pada akhir bulan, tagihan rekening listrik rumah kost mengalami lonjakan menjadi tiga kali lipat tagihan biasanya. Sedangkan tidak ada pertambahan jumlah penghuni rumah kost. Pemilik rumah memanggil semua penghuni rumah tersebut. Sebenarnya saya termasuk penghuni kost yang akhir-akhir ini menggunakan barang-barang elektronik yang memiliki daya listrik cukup besar. Respon saya adalah...
  • Berterus terang telah menggunakan fasilitas tambahan yang memakan daya listrik yang cukup tinggi
  • Seharusnya pemilik menyelesaikan pembayaran saja karena uang sewa kamar kost lumayan mahal
  • Sebaiknya pemilik bertanya kepada setiap penghuni untuk mengetahui siapa saja yang menggunakan fasilitas tambahan yang memakan daya listrik besar
  • Seharusnya pemilik tidak membesar - besarkan masalah ini sebab ada masalah penting lainnya yang harus diselesaikan
  • Jika pemilik mengetahui saya menggunakan barang elektronik berdaya tinggi, maka saya akan pindah kost
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : e

14. Proposal saya ditolak oleh calon investor karena dianggap kurang visibel.
  • Segera melakukan perbaikan atas proposal tersebut dan mengajukannya kembali
  • Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
  • Menyalahkan orang lain karena tidak ikut membantu saya membuat proposal tersebut
  • Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki
  • Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : d
Poin 3 : e
Poin 2 : b
Poin 1 : c

15. Pesaing saya dalam mengikuti tes kenaikan jabatan adalah orang yang memiliki kinerja sangat baik sepanjang kariernya. Saya akan ...
  • Mengikuti tes ala kadarnya
  • Merasa tertantang untuk menguji kemampuan diri
  • Putus asa ka rena kesempatan saya untuk menang jelas sudah tidak ada
  • Cemas dan tidak semangat mengikuti tes
  • Biasa saja karena semua bisa terjadi
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : d

16. Ketika hendak berangkat ke kantor, tiba - tiba motor yang anda parkir didepan rumah hilang, sikap anda ...
  • Melaporkan kehilangan sambil menyampaikan ke atasan
  • Meminta kerabat dan para tetangga untuk mencarinya
  • Membiarkan polisi yang mengurusnya
  • Tetap berangkat ke kantor karena itu lebih penting
  • Berangkat ke kantor dengan pikiran tak karuan
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : c
Poin 3 : e
Poin 2 : b
Poin 1 : d

17. Suatu ketika anda mengikuti lomba menulis esai namun hanya mendapat juara ketiga, maka sikap anda ...
  • Menyesal kesalahan
  • Mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk ikut lomba menulis selanjutnya
  • Menyalahkan keadaan
  • Puas dan bangga
  • Biasa saja
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : a
Poin 1 : c

18. Ada tamu yang terlibat pertengkaran dengan tamu lain di penginapan milik anda. Melihat hal tersebut yang akan anda lakukan adalah ...
  • Mengusir mereka
  • Meminta satpam agar melerai keduanya
  • Langsung melaporkan pada pihak berwajib
  • Mengajak mereka untuk menyelesaikan masalah di ruangan tertentu
  • Meminta ganti rugi karena telah membuat kegaduhan dan kerugian
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : a

19. Dalam suatu seleksi bidang, anda lulus di bagian penjualan, padahal bagian yang anda inginkan adalah bagian Diklat keuangan. Maka yang akan
anda lakukan adalah ... a. Berusaha bekerja secara optimal
b. Menolak pekerjaan tersebut
c. Berusaha agar anda tetap dapat mengerjakan urusan di bagian keuangan
d. Mempertimbangkan tawaran tersebut
e. Meminta bayaran lebih mahal untuk pekerjaan di bagian penjualan
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : d
Poin 3 : b
Poin 2 : c
Poin 1 : e

20. Agar semua staf di kantor anda bekerja dengan rajin, maka sebagai pimpinan kantor anda akan ...
  • Memberikan penghargaan kepada staf yang paling rajin
  • Menempel tulisan Kerja itu di berbagai tempat yang strategis
  • Memberikan sanksi yang tegas kepada setiap staf yang bekerja malas - malasan
  • Lebih rajin bekerja sembari mengajak para staf anda untuk turut serta dengan anda
  • Membentuk sebuah komisi penegakkan disiplin
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : a
Poin 1 : c

Soal 21-30

21. Bagi saya, kelemahan merupakan ...
  • Isyarat tegas bahwa saya harus berhenti
  • Justru meningkatkan ketangguhan saya untuk mencoba sesuatu dengan lebih baik
  • Sering menjatuhkan mental saya
  • Hal yang saya upayakan untuk tidak mengurangi semangat saya
  • Mungkin ada unsur kekeliruan dari anggota tim saya
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : d
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : e

22. Menurut anda mementingkan kepentingan umum adalah ...
  • Melihat skala prioritas kepentingan
  • Melihat budi kebaikan yang pernah kita terima dari orang lain
  • Membantu dengan tulus kepada yang membutuhkan
  • Kebaikan
  • Perbuatan yang perlu ditanamkan sejak dini
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : a
Poin 1 : b

23. Jika anda mendapatkan suatu pekerjaan yang bayarannya sangat besar, maka anda akan ...
  • Bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan anda
  • Lebih bersemangat
  • Takut
  • Merasa terharu
  • Biasa saja
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : d
Poin 2 : e
Poin 1 : c

24. Anda tidak diterima di perusahaan yang anda inginkan. Istri anda meminta anda meminta pada anda agar melamar ke perusahaan lain. Maka yang akan anda lakukan adalah ...
  • Mencoba lagi kalau ada kesempatan
  • Mengikuti pelatihan agar dapat diterima
  • Melamar kerja dimana saja asal dapat pekerjaan
  • Mengikuti saran istri
  • Mencoba lagi nanti dengan bidang yang sama namun di perusahaan berbeda
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : e
Poin 2 : d
Poin 1 : c

25. Anda tidak lolos mengikuti seleksi pegawai kementrian luar negeri, maka anda akan...
  • Sedih
  • Putus asa
  • Lelah
  • Merasa tertantang untuk mengikutinya lagi periode mendatang
  • Belajar dari kesalahan dan mempersiapkan diri lebih baik lagi
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : d
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : b

26. Saat anda dinyatakan belum lolos tes kenaikan pangkat dan teman anda menyarankan untuk mengikuti beberapa pelatihan agar bisa lolos saat mencoba lagi tes tersebut, maka anda ...
  • Mencoba lagi tes
  • Mengikuti pelatihan agar teman tidak kecewa
  • Mencoba melamar pekerjaan di tempat lain
  • Mengikuti saran teman dan mencoba belajar dengan giat
  • Mengikuti pelatihan diam - diam
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : e
Poin 2 : a
Poin 1 : c

27. Anda sedang sibuk mengerjakan tugas dan melihat bahwa rekan dalam tim anda sedang mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjaannya, maka anda akan ...
  • Menghiraukannya
  • Melihat dulu jenis pekerjaanya apakah bisa membantu atau tidak
  • Memintanya bekerja sendiri
  • Memarahinya
  • Merekomendasikan rekan yang lain
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : b
Poin 3 : c
Poin 2 : d
Poin 1 : e

28. Anda bertugas mengelola bagian input database pusat. Rekan anda seringkali terlambat memasukkan datanya sehingga anda sering ditegur atasan karena mencapai waktu deadline, maka anda akan ...
  • Menunggu saja
  • Mengambil alih pekerjaan pada bagiannya itu
  • Memintanya untuk lebih cepat dalam bekerja
  • Melaporkannya kepada atasan
  • Bertanya apa kesulitannya dan membantu sebisa anda
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : a
Poin 2 : d
Poin 1 : b

29. Anda terbiasa tepat waktu datang bekerja dan menyelesaikan pekerjaan. Ada rekan tim anda yang melakukan sebaliknya, sehingga rekan - rekan yang lain kurang menyukainya. Maka anda akan ...
  • Mengingatkan rekan tersebut dengan halus agar tidak tersinggung
  • Diam saja, nanti takut dibilang membela rekan yang tidak patut dicontoh
  • Menegur di depan rekan - rekan yang lain
  • Melakukan rapat tim untuk bermusyawarah atas suka dan ketidaksukaan antar rekan dalam tim
  • Merekomendasikan rekan yang lain untuk menggantikan rekan tersebut
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : d
Poin 3 : c
Poin 2 : b
Poin 1 : e

30. Jika suatu saat nanti anda terpilih menjadi seorang pimpinan organisasi terbesar di indonesia, hal pertama yang saudara lakukan adalah ...
  • Membuat perubahan organisasi besar - besaran
  • Memperbaiki kualitas SDM para anggota organisasi
  • Merenovasi gedung sekertariat supaya lebih bagus
  • Menciptakan suatu inovasi baru yang dapat memajukan masa depan bangsa
  • Menerapkan manajemen modern seperti yang telah diterapkan di luar negeri
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : b
Poin 3 : a
Poin 2 : e
Poin 1 : c

Soal 31-40

31. Agar semua penghuni baru di lingkungan anda dapat bersosialisasi dengan baik, maka anda sebagai penghuni lama akan ...
  • Menawarkan dari kepada ketua RT untuk membimbing para peghuni baru
  • Mencoba mencairkan suasana dengan penghuni baru
  • Memperkenalkan diri terlebih dahulu dengan penghuni baru
  • Menyelenggarakan acara santai yang dapat mempertemukan penghuni lama dengan penghuni baru
  • Cuek saja karena saya banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : b
Poin 1 : e

32. Agar semua pegawai di kantor anda dapat mengikuti acara kursus bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan SDM, maka sebagai panitia kegiatan tersebut anda akan ...
  • Menyelenggarakan kursus di hari libur
  • Menyelenggarakan kursus pada jam istirahat
  • Menyelenggarakan kursus setelah jam kantor selesai
  • Menyelenggarakan kursus secara bertahap sehingga tidak mengganggu kinerja instansi anda
  • Meminta pendapat rekan-rekan anda kapan sebaiknya kursus dilaksanakan
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : b

33. Setelah memenangkan kompetisi dan mendapatkan reward sebagai ilmuwan muda dari sebuah instansi ternama, saya akan ...
  • Bertanya - tanya, mungkinkah kompetisi berikutnya saya akan mendapatkan reward lagi
  • Saya merasa senang, dan berupaya untuk lebih berprestasi lagi agar kompetisi berikutnya mendapatkan reward lagi
  • Merasa tidak percaya bila saya mendapatkan reward tersebut, padahal banyak peserta lebiih hebat
  • Puas dengan reward tersebut dan tidak ingin lagi
  • Memberitahukan kepada seluruh dunia atas prestasi yang saya capai
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : d

34. Ada pekerjaan yang memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi dan sangat butuh ketelitian untuk menyelesaikannya, maka saya ...
  • Langsung fokus mengerjakan pekerjaan tersebut karena jika terlalu lama meneliti akan mengganggu proses kerja
  • Langsung mengerjakan pekerjaan tersebut, dan baru akan memberitahu atasan setelah pekerjaan tersebut selesai
  • Melakukan hanya apa yang dikatakan oleh atasan tidak dan tidak kurang
  • Menyarankan orang lain yang menurut saya kompeten untuk mengerjakan pekerjaan tersebut
  • Menyarankan dan merekomendasikan hal - hal yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, tetapi tidak bertindak sebelum disetujui oleh atasan
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : b
Poin 1 : d

35. Biasanya hal yang pertama saya lakukan sesampainya di kantor adalah ...
  • Masuk ke ruangan dan membaca chat group di WhatsApp
  • Berjalan santai diluar gedung kantor untuk menikmati udara pagi
  • Masuk ke ruangan dan mengobrol dengan rekan tim
  • Masuk ke ruangan dan bersiap menjalankan agenda kerja hari ini
  • Masuk ke ruangan dan memulai pekerjaan yang tertunda kemarin
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : b

36. Saya mendadak diminta untuk mendampingi atasan di sebuah acara pertemuan sepulang kerja. Saya sudah berjanji untuk menemani istri saya cek kandungan ke Rumah Sakit Ibu dan Anak. Sikap saya ...
  • Pulang dengan diam - diam, tanpa sepengetahuan pimpinan
  • Berpura - pura sakit agar dapat diizinkan untuk segera pulang
  • Menghubungi istri saya menjelaskan agar naik taksi saja
  • Menuruti permintaan, karena yakin istri saya memaklumi
  • Meminta izin pimpinan mengantar istri saya dahulu kemudian mendampingi pimpinan pergi ke acara tersebut
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : a


37. Sebagai karyawan baru, saya merasa beban tugas cukup berat ditambah lagi dengan adanya deadline. Sikap saya ...
  • Mengerjakan semua tugas sambil menggerutu dan merasa kesal
  • Mengerjakan semua tugas setengah - setengah saja yang penting sudah dianggap bertanggung jawab
  • Hanya mengerjakan pekerjaan yang saya senangi
  • Mengkonsumsi obat suplemen untuk mendongkrak tenaga saya dalam menyelesaikan semua tugas
  • Mengerjakan semua tugas dengan senang hati dan berusaha memenuhi target
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : d
Poin 3 : c
Poin 2 : a
Poin 1 : b

38. Di lingkungan tempat tinggal yang baru ...
  • Saya perlu waktu untuk mengenal tetangga - tetangga saya
  • Saya menunggu tetangga yang ingin berkenalan
  • Saya langsung mampu akrab dengan tetangga
  • Jika saya membutuhkan bantuan baru saya akan berkenalan
  • Jika ada yang ingin berkenalan saya senang sekali
Jawaban : C
Poin 5 : c
Poin 4 : e
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : d

39. Fasilitas penginapan yang disediakan kantor ternyata ku rang memuaskan bagi para pegawai karena jumlahnya yang terbatas, apalagi ditambahkannya pegawai baru, maka...
  • Saya perlu waktu beberapa lama untuk penyesuaian diri terhadap kondisi seperti ini
  • Seharusnya tak perlu ada karyawan baru, karena hanya menambah ketidaknyamanan saja
  • Apa mau dikata, saya harus menerima kondisi ini
  • Saya menerima perubahan ini
  • Saya sangat mengajak rekan kerja untuk lain kali protes dan berdemo kepada atasan
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : c
Poin 3 : a
Poin 2 : b
Poin 1 : e

40. Suatu ketika saya mendapat tugas untuk bekerja sama dengan rekan kerja tim yang dulu pernah bermasalah dengan saya. Tidak bisa bekerja dalam satu ruangan, saya butuh ketenangan untuk bisa fokus bekerja sedangkan rekan kerja tersebut terlalu banyak bicara ...
  • Mengajukan keberatan tetapi akhirnya menerima aturan panitia
  • Protes keras dan minta ditempatkan sendiri saja
  • Mengajukan keberatan dan minta ditempatkan dengan minimal orang yang disukai/ cocok
  • Menerima aturan panitia dan berusaha memperbaiki hubungan dan memahami teman
  • Menerima aturan panitia
Jawaban : D
Poin 5 : d
Poin 4 : e
Poin 3 : a
Poin 2 : c
Poin 1 : b

Soal 41-50

41. Dalam suatu pertemuan warga saya datang terlambat ketka pembicaraan sedang berlangsung hangat. Padahal saya ingin menyumbang ide. Hal yang saya lakukan adalah ...
  • Duduk mendengarkan pembicaraan sedang berlangsung hangat, baru kemudian bicara
  • Menanyakan apakah saya boleh bicara segera
  • Segera bicara mengemukakan pendapat
  • Menunggu kesempatan bicara
  • Meminta waktu untuk bicara
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : d
Poin 3 : e
Poin 2 : b
Poin 1 : c

43. Saat akan mengantarkan surat pada sebuah instansi, saya menyadari surat tersebut rusak terkena tumpahan minuman. Saya akan ...
  • Panik karena surat tersebut telah ditunggu
  • Segera mencetak surat baru
  • Tetap memberikan surat tersebut dan berpura - pura tidak tahu
  • Tidak jadi memberikan surat tersebut
  • Meminta maaf dan menjelaskan pada pihak instansi dan meminta waktu untuk menyiapkan surat baru
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : e
Poin 3 : c
Poin 2 : d
Poin 1 : a

44. Adik anda kesulitan untuk mengerjakan tugas sekolahnya dan kebetulan anda menguasai materi tersebut ...
  • Memberikan buku - buku referensi
  • Membagi ilmu dan mungkin memberikan referensi buku
  • Membantu jika diminta
  • Berpura - pura tidak tahu
  • Menyarankan agar konsultasi pada guru
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : e
Poin 2 : c
Poin 1 : d

45. Jika anda mendapatkan suatu pekerjaan dengan gaji yang sangat kecil, maka anda akan ...
  • Bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan anda
  • Malas
  • Keluar dari pekerjaan tersebut
  • Merasa sedih
  • Biasa saja
Jawaban : A
Poin 5 : a
Poin 4 : e
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : c

46. Menurut saya orang tua saya sukses dalam bekerja dan berkarya karena ...
  • Mereka menempuh berbagai rintangan untuk mencapai kesuksesan
  • Mereka berusaha keras dalam hidupnya untuk sukses
  • Mereka mendapatkan kesempatan dan fasilitas sehingga bisa sukses
  • Mereka adalah pribadi yang patut dicontoh
  • Mereka orang yang sangat beruntung dan membuat anaknya bangga
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : a
Poin 3 : d
Poin 2 : c
Poin 1 : e

47. Anda diminta untuk memberikan materi training di suatu forum yang pesertanya kebanyakan adalah mahasiswa dari kampus ternama. Maka reaksi anda adalah...
  • Meminta orang lain saja untuk memberi materi training
  • Mengkomunikasikan pada penyelanggara acara agar sesi materi ditunda
  • Mencoba menjelaskan sebisanya
  • Meminta bantuan rekan untuk menyusun materi
  • Berusaha tenang dan fokus pada materi yang akan disampaikan
Jawaban : E
Poin 5 : e
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : b
Poin 1 : a

48. Tawaran beasiswa begitu banyak, namun pasangan anda tidak mengizinkan anda untuk mengambil beasiswa dengan alasan anda tidak bisa fokus pada pekerjaan dan keluarga, maka anda akan ...
  • Marah kepada keadaaan
  • Memakluminya
  • Meminta pasangan untuk mempertimbangkannya
  • Keluar dari pekerjaan
  • Sedih
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : c
Poin 3 : e
Poin 2 : a
Poin 1 : d

49. Mengangkat telepon pada saat rapat menurut saya ...
  • Boleh saja
  • Tidak boleh
  • Boleh asal pimpinan meyetujui
  • Boleh asal sudah memberi usulan atau kontribusi ide dalam rapat
  • Boleh asal tidak ketahuan
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : c
Poin 3 : d
Poin 2 : e
Poin 1 : a

50. Karena sebagian besar pegawai pulang kampung dan saya diminta menunda cuti lebaran oleh pimpinan. Saya berjanji pada orang tua untuk mudik di hari lebaran, sikap saya ...
  • Tetap mengambil cuti
  • Memberi pengertian kepada orang tua
  • Memberi pengertian kepada pimpinan agar diperbolehkan pulang kampung
  • Meminta anggota keluarga lain untuk membujuk orang tua
  • Meminta teman untuk menggantikan penundaan cuti
Jawaban : B
Poin 5 : b
Poin 4 : d
Poin 3 : c
Poin 2 : e
Poin 1 : a


Warning!
Anda telah mengakses sebagian dari soal SKD CPNS. Untuk mengakses ribuan soal lagi, silahkan klik tautan berikut ini.